Tips Manajemen Usaha Yang Baik

1. Tetapkan tujuan spesifik untuk diri Anda sendiri

Manajemen usaha kecil melibatkan banyak kegiatan rutin. Misalnya, Anda perlu membantu pelanggan Anda, melacak dan mengelola inventaris Anda, mengurus keuangan Anda, dan memastikan karyawan Anda senang, untuk beberapa nama.

Sementara tugas-tugas mendesak ini tentu membutuhkan perhatian Anda, jangan biarkan mereka menghentikan Anda dari fokus pada tujuan jangka panjang Anda.

Cara terbaik untuk tetap fokus pada tujuan jangka panjang Anda adalah dengan menetapkan tujuan spesifik dan melacak kemajuan Anda sehingga Anda dapat melihat apakah Anda bergerak ke arah yang benar.

Oleh karena itu, tujuan Anda tidak hanya harus spesifik, tetapi juga terukur. Anda harus selalu dapat mengukur kesuksesan Anda dengan uang, persentase, atau cara lain. Dan bagaimana dengan bisnis kecil yang baru saja kita sebutkan? Yang membawa kita ke tip berikutnya …

2. Pembagian tugas

Ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis Anda dan salah satu faktor tersebut adalah kemampuan Anda untuk mengelola orang.

Seperti disebutkan sebelumnya, kurangnya waktu adalah masalah besar bagi banyak pengusaha, tetapi belajar mendelegasikan tugas dapat menghemat banyak waktu dan tenaga.

Tentu saja Anda ingin mendapatkan gambaran umum tentang apa yang sedang dikerjakan oleh karyawan Anda, tetapi cobalah untuk tidak membahas seluk beluknya.

Pastikan bahwa karyawan Anda dapat mengambil tugas yang diperlukan dan bertindak tanpa bantuan Anda. Ingatlah bahwa Anda mungkin perlu melatih mereka sebelum mereka siap bekerja secara mandiri!

3. Penggunaan teknologi

Pertama dan terpenting, Anda perlu merangkul teknologi karena itulah yang diharapkan pelanggan dari Anda. Perusahaan yang berinvestasi dalam teknologi untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Misalnya, pelanggan Anda mungkin mengharapkan Anda memiliki aplikasi seluler yang mudah digunakan, dan jika tidak, mereka mungkin kecewa atau merasa bahwa bisnis Anda tidak menantikan masa depan seperti yang mereka inginkan.

Membuat perusahaan Anda lebih menarik bagi pelanggan adalah bagian dari menjalankan bisnis. Oleh karena itu, salah satu tips terpenting dalam menjalankan bisnis adalah membuat website yang berkualitas.

Ini mungkin tampak jelas, tetapi berapa kali Anda mengunjungi situs web perusahaan dan situs web itu tidak dapat digunakan, lambat, atau buruk? Anda perlu memudahkan pelanggan Anda untuk membeli atau menggunakan produk Anda secara online.

Selain itu, situs web sangat penting untuk mempromosikan bisnis Anda melalui SEO (dalam bentuk blog, tetapi juga di beranda itu sendiri) dan sebagai pusat dukungan pelanggan.

Tentu saja, Anda juga perlu mengikuti perkembangan di industri Anda. Jika pesaing Anda mulai menggunakan teknologi tertentu dan Anda melihat mereka mengungguli Anda, Anda juga harus mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam teknologi itu.

4. Penggunaan otomatisasi

Penghasilan Anda tergantung pada kemampuan Anda untuk bekerja. Faktor ini sangat penting untuk usaha kecil karena orang yang menjalankan usaha kecil menghadapi banyak tugas sehari-hari dan seringkali tidak punya waktu untuk menyelesaikannya dengan sukses.

Dengan meningkatkan efisiensi operasi bisnis Anda, Anda dapat memecahkan masalah waktu yang terbatas.

Dalam hal meningkatkan efisiensi, otomatisasi adalah salah satu pendekatan terbaik. Ada banyak solusi otomatisasi untuk pelacakan inventaris, manajemen anggaran, komunikasi email, dan banyak aplikasi lain yang dapat membantu Anda merencanakan hari kerja dan melacak aktivitas penting.

Ini juga mudah untuk menyesuaikan dengan ukuran bisnis Anda, sehingga Anda selalu dapat menemukan pilihan terbaik untuk Anda.

Otomasi di bidang pengelolaan keuangan operasional juga sangat penting. Hal ini dikarenakan prosesnya memakan banyak waktu, tenaga dan uang jika dilakukan secara manual.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo yang akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis Anda.

5. Kelola inventaris Anda

Mengelola inventaris Anda adalah salah satu tanggung jawab utama Anda sebagai seorang manajer. Di sinilah otomatisasi berperan. Ada banyak solusi perangkat lunak yang dapat Anda gunakan untuk melacak produk yang Anda jual dan pengirimannya.

Jika Anda menjual layanan, Anda juga perlu mengelola inventaris dan staf Anda untuk memastikan pelanggan Anda mendapatkan apa yang mereka inginkan setiap saat.

6. Gunakan strategi retensi pelanggan yang tepat

Sayangnya, banyak pemilik bisnis tidak mengerti mengapa mereka fokus pada retensi pelanggan daripada mencoba untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan baru.

Sebenarnya, mendapatkan pelanggan baru membutuhkan biaya lima kali lipat daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Selain itu, pelanggan setia bisa sangat menguntungkan karena kemungkinan besar Anda akan menjualnya – mereka akan terus datang kembali.

Oleh karena itu, memilih strategi retensi pelanggan yang efektif dapat berdampak signifikan pada penjualan. Strategi retensi pelanggan yang baik menciptakan pelanggan yang terlibat yang ingin mempromosikan merek Anda kepada teman dan keluarga mereka.

Jadi pastikan Anda tidak kehabisan hubungan dengan pelanggan Anda setelah membeli!

7. Memperluas jaringan perusahaan

Dalam menjalankan bisnis, komunikasi sangatlah penting. Seseorang yang Anda temui bekerja di bidang yang sama atau serupa dapat memberi Anda nasihat yang berguna, berbagi kontak yang lebih penting dengan Anda, atau bahkan menjadi rekan kerja.

Sering kali itu hanya seseorang yang merekomendasikan produk Anda kepada orang yang mereka kenal.

Pikirkan jaringan sebagai bagian integral dari alur kerja Anda. Anda harus meluangkan waktu dalam jadwal Anda untuk membangun hubungan dengan orang-orang dan mencoba mempertahankan hubungan Anda yang sudah ada.

Jika memungkinkan, cobalah untuk tidak terbatas pada komunikasi melalui email dan telepon; Terkadang lebih baik bertemu orang secara langsung.

8. Kurangi pengeluaran

Salah satu alasan paling umum mengapa startup gagal adalah karena mereka tidak dapat menerapkan model bisnis yang sukses. Banyak pengusaha lupa bahwa sebagian besar kesuksesan mereka bergantung pada menjaga pengeluaran mereka tetap rendah, terutama jika mereka belum memiliki penghasilan tetap.

Jika Anda berpikir untuk menyewa ruang kantor berkualitas atau membeli furnitur mahal, maka Anda harus memahami bahwa hal-hal ini tidak penting untuk pertumbuhan bisnis Anda dan pertumbuhan harus menjadi prioritas nomor satu Anda.

Ini mungkin terdengar seperti hal yang menyenangkan, tetapi tetaplah fokus pada tujuan Anda dan cobalah untuk memastikan bahwa setiap keputusan sejalan dengannya, terutama jika menyangkut uang.

9. Gunakan dari mulut ke mulut

Kunci pemasaran yang sukses adalah menceritakan kisah Anda dan memperkenalkan pelanggan Anda pada citra merek Anda. Banyak orang membuat keputusan pembelian berdasarkan apakah pesan dan nilai merek perusahaan sesuai dengan mereka.

Jadi, pastikan Anda memiliki nilai merek yang kuat dan jelas serta narasi yang terdefinisi dengan baik. Semua karyawan Anda perlu menyadari hal ini dan memperhitungkannya dalam segala hal yang mereka lakukan.

Ini memudahkan untuk menyampaikan pesan-pesan ini kepada audiens target Anda – pelanggan potensial. Anda dapat mencoba menulisnya dan mengirimkannya ke semua karyawan Anda, atau menyesuaikan halaman di situs web Anda atau bagian halaman tentang nilai merek Anda.

10. Jangan menyerah

Ketika Anda menjalankan bisnis, Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi besok. Anda harus menghadapi tantangan tak terduga dan keputusan sulit.

Jadi ingat: jangan menyerah! Ikuti saran kami dan miliki tujuan yang jelas, investasikan dalam teknologi, perlakukan karyawan Anda dengan baik, kelola waktu dan uang Anda secara efektif, dan Anda akan siap untuk apa pun yang diberikan dunia bisnis kepada Anda.

Bekerja keras, buat keputusan yang tepat, dan tetap berpegang pada tujuan Anda.